Indonesia Blokir DNS Public Google


Hari ini kita mendapatkan berita bahwa beberapa ISP besar di Indonesia mulaimelarang penggunaan Google Public DNS oleh pelanggan sebagai bagian darikesepakatan dengan kepercayaan program Departemen Komunikasi dan teknologiinformasi. Google Public DNS adalah sebuah layanan resolusi DNS yang disediakanoleh Google sebagai sebuah layanan DNS alternatif yang biasanya disediakan oleh ISP.

Dalam thread Reddit dibahas pula tentang Biznet ISP blokade terhadap Google Public DNS. Adi Kusma, CEO Biznet dikonfirmasi berita ini melalui percakapan dengan ini DailySocial, "sebagai setiap instruksi dari Departemen Komunikasi, Biznet hanyamemungkinkan pengguna untuk menggunakan DNS kita." Biznet tambahan, TelkomSpeedy juga melaporkan blokade serupa meskipun kita belum mampu mendapatkaninformasi resmi dari Partai Telkom.

Google Public DNS, Layanan alternatif selain resolver DNS ISP, memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan DNS ISP lokal. Kecepatan, kehandalan dan privasi alasan utama mengapa banyak pengguna Internet memilih Google Public DNS.Terlepas dari masalah penyadapan oleh pemerintah Amerika Serikat, rupanya memblokir Google Public DNS masalah di Indonesia menjadi salah satu program-program pemerintah yang paling awal untuk terus mengawasi lalu-lintas internetlokal.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi Blog Ini